LightBlog

Pemberdayaan Kampung Hidroponik



Kampung Sepoloh Gadukan Utara Surabaya sudah berubah menjadi kampung hijau nan asri. Dulunya kampung ini tak seindah sekarang, dan warganya pun kurang perduli akan kebersihan. Oleh sebab itu, Pihak KIM Kelurahan Morokrembangan dan Koordinator Kader Lingkungan RT 10/RW 05 - Pak Warso (60) dan Pak Sunardi (61) memberikan sosialisasi ke warga tentang bagaimana cara menanam tanaman hidroponik seperti kangkung dan sawi. 




Saat memasuki wilayah kampung Sepoloh Gadukan Utara RT 10/RW 05 Kelurahan Morokrembangan, akan terlihat beragam macam tanaman di samping kanan dan kiri jalan. Warna - warni jalan dan tembok warga yang dilukis sempurna. Selain itu, kampung ini juga mempunyai kebun hidroponik yang hanya memanfaatkan lahan sempit dengan berbagai macam tanaman sayuran. Tujuan penanaman hidroponik tersebut adalah sebagai wadah penghasilan tambahan untuk warga sekitar. Dan mengingat mudahnya cara penanaman hidroponik ini dan minimnya biaya bahan penanaman, KIM Merdeka menyarankan agar hal ini bisa dibudidayakan sebagai salah satu ikon yang diunggulkan.  

 
Berikut adalah keuntungan dari penanaman hidroponik :
1. Penanaman tanaman hidroponik lebih efisien karena tidak menggunakan tanah.
2. Kuantitas dan Kualitas produksi lebih tinggi.
3. Pengiritan biaya produksi.
4. Pengendalian hama dan penyakit cenderung lebih mudah.


Dalam hal ini kami selaku pihak KIM Merdeka memiliki harapan agar wilayah kampung yang lain dapat mencontoh kegiatan penanaman hidroponik ini karena akan sangat bermanfaat bagi warga kampung tersebut.

Share on Google Plus

About Kartar Kelurahan Moro

0 komentar:

Posting Komentar